Membangun Kebiasaan Dalam Bisnis

Membangun kebiasaan dalam bisnis: Pada hari keempat puasa di bulan ramadhan ini, memberikan pelajaran yang sangat berharga. Pelajaran yang berhubungan dengan sikap dan kebiasaan sehari-hari dalam menjalankan bisnis. Ini penting untuk setiap entrepreneur.

Secara khusus, kebiasaan dalam bisnis itu sendiri. Kebiasaan khususnya berbisnis selama bulan puasa sangat berbeda dengan bulan-bulan di luar bulan ramadhan. Kebiasaan bangun tidur dan lain-lain adalah contohnya.

Bagaimana membangun kebiasaan tersebut? Pertama, meyadari tujuan bisnis kita kembali. Tujuan tersebut adalah dasar kita menjalankan bisnis tersebut.

Kedua, memahami apa yang kita jalankan dan dampaknya bila berhasil dan gagal. Hal ini menjadi pengetahuan dasar kita menjalankan aktivitas tersebut.

Ketiga, menjaga konsistensi dalam menjalankan aktivitas bisnis akan membuat kebiasaan tersebut dapat terjaga. Kebiasaan atau habit sangat tergantung pada konsistensi.

Keempat, terus melakukan evaluasi atas kegiatan kita di bisnis. Kelima, melakukan perbaikan hasil evaluasi. Evaluasi bertujuan untuk mendapatkan informasi untuk perbaikan.

Keenam, terus belajar, belajar dan belajar agar pengetahuan kita bertambah. Ini penting untuk membuat kebiasaan tersebut terus lebih baik.

Ketujuh, memberikan apresiasi terhadap diri yang sudah bisa menjadikan habit dalam bisnis tersebut. Kedelapan, tentu juga diperlukan punishment atas kekurangan diri bila gagal menjalankan habit tersebut.

Beberapa hal diatas penting dalam membangun habit dalam bisnis. Sukses ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s