Pahami Perilaku Konsumen

Pahami perilaku konsumen kita:
Diskusi tadi malam, memberikan inspirasi yang sangat banyak sehubungan dengan konsep pemasaran bagi para entrepeneur. Kenapa demikian?
Selama ini, banyak sekali entrepeneur yang sudah mempelajari pemasaran dari para pakarnya. Sehingga dibuatkan berbagai program pemasaran yang menarik dan bahkan investasi besar untuk menjalankannya. Akan tetapi, kenapa tidak terjadi transaksi berupa pembelian dari konsumen?
Rasanya, fenomena ini sangat sering dirasakan oleh para entrepeneur. Termasuk juga saya ya…. sudah capek-capek buat produk, promosikan dengan anggaran yang tidak sedikit, tetapi nggak ada yang beli. Lieur deh..
Pelajaran semalam yang saya berikan adalah penekanan kepada aspek consumer behavior atau perilaku konsumen. Inilah kata kuncinya. Consumer behavior bicara tentang bagaimana konsumen menemukan masalah tentang produk atau jasa, mencari alternatif solusi, mengevaluasi alternatif solusi sampai membeli produk tersebut.
Cukup? Belum, karena harus membahas perilaku setelah pembelian berupa puas atau tidak puas. Inilah yang perlu mendapatkan pemahaman yang lebih bagi para entrepeneur. Jangan kejebak membuat program dulu, tetapi, pahami dulu perilaku konsumen. Ingat, bagi saya, ada proses dalam diri konsumen, AIDA + PUAS + LOYAL (repeat buyer, buying others, recommedation & ingnoring competitor).
Hal ini akan berpengaruh dahsyat buat perusahaan. ingat, setiap konsumen, akan memberikan kontribusi yang luar biasa buat perusahaan. itu dulu ya.. lanjut ngajar dulu. Sukses buat kita hari ini😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s